Uas Kapita Selekta




PERTANYAAN 

1. Ceritakan dan narasikan Aktifitas dan pengalaman saudara dalam masa (WFH) Work From Home dan Learnig From Home (LFH) di masa Pandemic covid-19.

2.  Ceritakan dan narasikan produktifitas dan peningkatan skill, kapasitas dan pengetahuan apa yang saudara peroleh selama WFH Dan LFH di masa Pandemic covid-19.

3. Buatlah artikel ilmiah atau opini saudara bagaimana Teknologi informasi bermanfaat dalam menghadapi pandemik covid-19 dan New Normal.

4. Kirimkan tugas membuat jurnal yang sudah saudara buat pada tugas diperkuliahan (dikirim bersama notepad dari blogyg berisi url)

 

JAWABAN  

1). Dengan adanya pandemi Covid-19 segala aktifitas berubah terutama aktifitas diluar rumah seperti kuliah, selama ada covid-19 aktifitas kuliah tidak bisa dilakukan secara langsung, melainkan harus dilakukan secara daring, atau dengan berkomunikasi melalui pesan atau vidio. Tetapi dengan kegiatan aktifitas saya dirumah yang biasanya dilakukan sebelum adanya pandemi covid-19 masih berjalan seperti biasa yaitu mengajar ngaji setiap hari,setelah sholat asar. Untuk kegiatan sehari-hari selama dirumah selain mengerjakan tugas atau kuliah online, saya dirumah membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah, menanam tembakau, menyiram tembakau, panen padi, menjemur padi/mengeringkan gabah. Selain membantu orang tua saya juga mencoba membuat hiasan-hiasan dan membuat makanan ringan untuk mengisi waktu sehari-hari selama dirumah 

2.) Dengan adanya Virus Corona ini kegiatan belajar tidak bisa dilakukan secara tatapmuka harus      dilakukan secara daring dengan adanya aplikasi Zoom dan Meet pembelajaran lebih mudah untuk dilakukan dari rumah, saya pun juga baru tahu kalau adanya aplikasi itu bisa dibuat untuk belajar atau kegiatan lainnya  dengan 100 orang banyaknya. Begitu juga dengan cara mengerjakan tugas, sekarang dimasa pandemi ini cara mengerjakan tugas tidak lagi bersama-sama dan berkumpul lagi harus melalui media untuk berkomunikasi dan cari referensi

3.) Teknologi informasi bermanfaat pada Pandemi Covid-19

Teknologi daring merupakan teknologi yang memebantu  merupakan teknologi yang sngat membantu  kita dalam berkomunikasi yang didukung dua arah jarak yang jauh. Teknologi daring ini merupakan komunikasi yang saling bertukar dan telah terhubung,dapat digunakan oleh serempak banyak orang atau dua orang saja. Pada zaman belum adanya pandemi ini hanya dengan alat komunikasi tradisional, sekarang dengan menggunakan teknologi daring dengan bertatap muka dengan jarak,waktu dan tempat yang berbeda. Saat ini diseluruh dunia terjangkit Virus Corona  maka teknologi daring ini sangat membantu semua orang dalam berkomunikasi dengan menggunakan perangkat ini karena virus corona dapat menyebar dengan mudah melalui intraksi sesama manusia. Dimana manfaat teknologi ini berani untuk mendukung pekerjaan, belajar dan mengajar dengan menggunakan beberapa sarana e-Commerce atau perdagangan online dan menggunakan beberapa fasilitas e-Banking atau perbankan online, sedangkan untuk mendukung program belajar dan mengajar dengan teknologi beranu yaitu melalui sarana e-Learing atau pembelajaran online dimana peserta dan guru dapat berkomunikasi dengan mudah dengan tempat yang berbeda

Teknologi informasi bermanfaat pada New Normal

New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Adapun prinsip utama dari new normal yaotu penyesuaian diri denga pola hidup yang baru seperti melakukan aktivitas sehari-hari. Dimaskud pola dihidup baru adalah dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain, menghindari kerumunan,nserta bekerja, belajar dari rumah. Oleh karena itu ,new normal sejatinya memicu perusahaan untuk lebih mengandalkan teknologi salah satunya adalah software HRIS. Dimana teknologi memiliki peran besar ketika perusahaan mengandalkan software HRIS salah satunya dengan penerapan absen online sebagai tolak ukur kehadiran karyawan, proses onboaring, kemudahaan mengajukan cuti dan lembur, dan permudah dalam melakukan payroll.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Uas EAI (Enterprise Application Integration)

Makalah Analisis Siakad dengan Metode Pieces